Kerap kita mendengar bermacam kiat dalam dunia kerja yang penilainnya adem dan asyik. Namun tidak jarang hakikat yang dihadapi bertolak belakang dari apa yang dipaparkan oleh kiat tersebut. Sehingga disini, kita akan mengingatkan Anda kenyataan dunia kerja yang berlandaskan dari kisah orang-orang yang sejak lama berkecimpung di dunia kerja.

1. Tatkala Mimpi Berhadapan Dengan hakikat

Kita seluruhnya pasti punya cita-cita. Terutama mahasiswa yang baru lulus masuk di dunia kerja bersama sejumlah mimpi dan ambisi yang tinggi buat merealisasikannya. Let me tell you, apabila di dunia kerja itu, merengkuh mimpi sah-sah saja, bahkan luar biasa namun Anda mesti mulai dari awal.

Tak perlu ngak langsung menghayalkan untuk sampai di level teratas, kalau menapak tangga bawah saja Anda belum bisa. Sepintar apapun Anda, masih perlu menggagas dari dasar. Melainkan, kalau Anda anaknya yang mendirikan pabrik.

2. Yakin Dengan Diri Sendiri Ketimbang Berharap Pada orang Lain

Selain supaya Anda makin pede, Anda pula jangan gampang yakin sama orang lain. Karena dalam lingkungan kerja, apa saja bisa terjadi. Mungkin Anda yang baru selesai, masih merasakan serunya pertemanan waktu SMA atau kuliah, akan tetapi seluruhnya itu benar-benar tidak sama dengan yang berlaku di dunia kerja. Akan tetapi bukan berarti mitra kerjamu jahat-jahat loh ya. Melakukan kebaikan itu wajib pada siapa pun, namun jangan terlalu berlebihan, itu aja.

3. Jangan Ragu Bersahabat teman Kerja Yang lebih Senior

Bukan kerja namanya jika tiap harinya tak ada pekerjaan yang wajib dikerjakan ketika itu pula. Biasanya memang pekerjaan harian Anda ini sudah ditentukan, semisal dalam sehari Anda wajib memperbaiki beberapa hal.

Kadang kala Anda pula masih harus bertemu tugas tambahan yang jika dibayangkan saja memang terasa sulit dan pengap rasanya. Tapi di balik semua beban deadline pekerjaan yang mesti Anda pikul ini, sengaknya di setiap hari pula Anda selalu memiliki peluang untuk bergaul bersama orang-orang yang asyik dan seru.

Banyak mitra kerja yang dapat diajak bercerita entah suka-duka, keterampilannya, bahkan cerita hidup hingga candaan yang murni tanpa ada embel-embel ´┐Żnyari perhatian di depan´┐Ż. Bahkan ada pula drama di luar sana, dari mitra kerja, justru jadi mitra sepanjang masa alias pasangan suami istri.

4. Tidak Usah Baper dengan Bisikan-Bisikan Negatif

Well, di dunia kerja Anda tak tau siapa yang benar-benar menjadi kawan atau yang merupakan lawan. Karena kalau sudah berurusan dengan duit, seluruhnya dapat aja berubah. Makanya Anda mesti berhati-hati terhadap isu-isu tidak baik yang mungkin saja Anda dengar karena individu lain menyangka Anda itu serakah. Semestinya sih, Anda bekerja aja yang serius, tidak usah ikut gosip-gosip tetangga karena tidak ada manfaatnya.

5. Pekerjaan Anda Bukanlah Segalanya

Walaupun Anda nyaman dengan proyek, tapi jangan lengah kalau Anda memiliki kepentingan sendiri pula. Ingatlah untuk bahagia. Bila pun hiburan anda dengan bertugas, jangan lupa untuk jadi kebahagiaan bagi individu lain terutama istri anak. Luangkan waktu anda demi mengunjungi orangtua atau berkumpul bareng dengan sahabat akan menumbuhkan kesenagan untuk mereka.

6. Kedudukan Anda Dapat Saja Digantikan

Di dunia kerja, ada kenyataan yang begitu tidak menyenangkan dan pasti mengkhawatirkan bagi semua orang. Kenyataan itu adalah Anda mampu dengan gampang digantikan oleh individu lain. Apa yang Anda buat dapat saja diselesaikan dengan mudah oleh individu lain. Ketika apa yang Anda kerjakan tidak lagi berfaedah, kedudukan Anda bisa dengan mudah ditempati oleh individu lain.

7. Selesaikan Semata-mata Yang Anda Bisa

Peringatan seperti ini jua diperhatikan di dunia kerja. Saat bertugas niscaya Anda telah mengerti apa proyek yang sewajibnya Anda selesaikan dan apa pekerjaan yang bukan menjadi tugas Anda. Jangan sampai Anda jua harus mengerjakan pekerjaan yang sesungguhnya Anda jua tak ahli dan bukan di dalam kemampuan Anda.

8. Pencapaian tak Turun Dari Langit

Penghasilan dalam hal ini bukan saja terkait perkara materi seperti uang. Prestasi dalam perkara ini dapat pula maksudnya kenaikan jabatan Anda oleh perusahaan, agar jabatan kian baik lagi. Semua nya sesuai dengan kapasitas Anda dalam mengerjakan tugas. Bila Anda sering berprestasi, pasti perusahaan akan memberikan peluang kepada Anda agar lebih berkembangnya karir dan pula pamor Anda di perusahaan itu. Karir yang meningkat pastinya akan berdampak pula terhadap kondisi finansial Anda.

9. Memelihara privasi Instansi Itu Harus

Sebagai pengawai, Anda wajib mempunyai sifat professional dalam diri Anda. Sadarilah apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan dalam perusahaan tempat Anda bertugas. Apabila nantinya, wajib resign dari perusahaan untuk mencari nafkah di perusahaan berbeda, sebaiknya tidak penting menjelek-jelekan perusahaan lama Anda.

Mulai dari sisi gaji, fasilitas dan pula sistem kerja. Katakan hal yang terbaik yang terdapat di perusahaan tempat Anda bertugas kepada orang banyak, siapa tahu diantara individu yang Anda beritahu tersebut ada yang sangat cocok untuk bergabung dan mengabdi kepada perusahaan tersebut daripada Anda. Tunjukkan kesempatan pada individu lain dengan nilai positif

Itulah sebagian perkara yang wajib Anda ketahui terkait dengan lingkungan kerja biar Anda ngak tercengang dengan suasana lingkungan kerja yang bisa jadi sedikit tak sama dengan harapan. Bagaimana pekerjaan yang Anda jalani, Anda harus tetap berlaku terampil sebagai bukti kalau anda merupakan pribadi yang bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *